Pastikan Coklit Berjalan Sesuai Prosedur, KPU Loteng Lakukan Monitoring

KPU Lombok Tengah monitoring pelaksanaan coklit oleh Pantarlih


Lombok Tengah, Hariannusra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah melakukan monitoring pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk memastikan kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai prosedur.


Kegiatan monitoring dilakukan di Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah pada selasa, 9 Juli 2024. 


Anggota Komisioner KPU Lombok Tengah, Aziz Muslim mengatakan, kegiatan monitoring juga bertujuan untuk memastikan semua pemilih terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada serentak 2024. 


"Selain itu, monitoring ini juga untuk mengevaluasi dan juga memastikan coklit selesai sesuai jadwal", ungkap Aziz. 


Aziz menjelaskan, melalui montoring tersebut Ia juga mendengar laporan lansung dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), PPS dan PPK tentang hambatan maupun progres coklit di lapangan. 


Azis berpesan kepada Pantarlih untuk melaksanakan coklit secara prosedural dan meminta PPS dan PPK setempat agar memastikan tidak terjadinya coklit yang dilakukan di rumah kepala wilayah setempat dengan menyanding data tanpa turun kerumah pemilih. 


"Pastikan petugas tidak mencoklit dirumah kepala wilayah saja dengan menyanding data. Pastikan berjalan sesuai prosudur." tegas Aziz. 


Proses coklit dilaksanakan dengan metode semi online dimana ketika melakukan input data dilakukan secara ofline dan baru online ketika proses sinkronisasi. 


Proses coklit dilakukan dengan mendatangi pemilih dari rumah ke rumah sesuai data DP4 yang diterima secara berjenjang dari Dukcapil ke KPU RI, KPU Provinsi NTB baru kemudian ke tingkat KPU Kabupaten. 


"Kami juga berpesan kepada Pantarlih tidak lupa melakukan penempelan Stiker sebagai bukti bahwa pemilih tersebut telah dicoklit" imbuh Aziz. 


Ia berpesan agar selalu menjaga kerahasian data pemilih dan tidak memberikan data tersebut kepada pihak yang tidak berkepentingan. (FR) 


PT. Dafy Medi Nusra